“MASALAH ADA KARENA ADA SOLUSINYA”

Oleh : Eko Perianto

Kalau kita sudah dengar kata “MASALAH” mungkin itu sedah menjadi momok bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Baik dari masalah kehidupan pribadi sampai dengan karir kita dalam bekerja. Tidak jarang orang-orang yang putus asa karena punya masalah mereka stress bahkan “Nauzubillah” sampai bunuh diri. Perilaku mereka yang seperti itu karena mereka tidak mampu untuk menyelesaikan masalahnya dengan baik. Dan menurut mereka itu adalah jalan yang terbaik untuk menyelesaikan masalahnya. NAMUN perlu diketahui perilaku yang seperti itu adalah hal yang “sangat salah” dan tidak dibenarkan oleh agama apapun.

Dizaman yang serba (……..) ini memungkinkan setiap orang melakukan hal yang tidak wajar dalam hidupnya, apalagi bagi mereka yang tertimpa masalah tetapi tidak dapat mengatasinya dia akan melakukan hal yang menurutya baik bagi diriya, namun buruk bagi orang lain, masyarakat bahkan agama. Untuk menyelesaikan masalah tidaklah semudah untuk makan ayam di marung makan yang hanya mengambil dan langsung menyantapnya. Menyelesaikan masalah perlu proses yang membuat kita nyaman dan enak apalagi dapat membuang masalh kita jauh dari diri kita wah..rasanya nyaman sekali.

“Masalah ada karena ada solusinya” itulah yang harus kita pahami oleh diri kita agar kita tidak selalu berkutat pada hal yang negative, artinya bila kita mendapatkan atau tertimpa masalah kita harus memahami dan tabah akan arti dari masalah yang sedang kita hadapi. Tidak perlu resah atau putus asa karena masalah yang kita hadapi berat. Ambilah hikmah dari masalah yang sedang kita hadapi karena masalh yang kita hadapi kita yakin ada solusi yang dapat menyelesaikannya. Namun boleh saja kita kawatir dengan masalah yang kita hadapi tapi jangan terlalu jauh untuk menjadi kawatir. Pikiran yang negative akan membawa kita pada perilaku yang negative pula jadi hilangkanlah pikiran negative itu dan gantilah dengan pikiran yang positif. Banyak buku-buku, refrensi-refrensi yang mengjarkan kita untuk selalu berfikir positif yang membawa perilaku kita positif juga.

Banyak solusi yang dapat kita gunakan dalam menyelesaikan masalah kita dalam hidup. Banyak dari kita mungkin untuk menyelesaikan masalahnya dengan cara “curhat “ dengan orang yang kita percaya baik orang tua, teman, pacar, dan masih banyak cara. Masalah pribadi itu yang banyak diceritakan pada orang yang kita percaya.

Kalau di sekolah siswa-siswa yang menghadapi masalah tidak jarang “curhat” dengan teman sebaya mereka juga bisa datang pada Guru BK/Guru Pembimbing di sekolah. Guru BK di sekolah jangan dianggap remeh dilingkungan sekolah, karena Guru BK itu puya andil yang sangat besar karena merupakan komponen yang penting. Lho kok malah cerita kesekolah ye..he,.jadi inget ke masa sekolah, bagi yang tidak sekolah.

Tidak ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan, itu semua tegantung oleh diri kita atau seseorang yang mengalami masalah itu sendiri, berjalanlah sesuai dengan kemauan yang kita inginkan jangan pernah berharap masalah itu akan hilang sendirinya, masalah itu akan hilang dan akan selesai bila kita mampu dan ingin untuk menyelesaikannya. Tidak hanya itu masalah juga akan tidak selesai bilamana kita atau seseorang berfikir untuk tidak mampu untuk menyelesaikannya.

Oke,.Intinya adalah dalam hidup ini memang banyak masalah yang di hadapi oleh setiap orang, namun bagaiman kita menghadapi dan menyelesaikan masalah itu., jadi tetaplah berfikir positif dan terus maju dan “GOOD LUCK FOR US”. (Jan.09/Erick)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar